Bagaimana ya cita rasa dari makanan khas Cirebon, empal gentong? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Empal (Daging Sapi) dalam gentong, benarkah?

empal-gentong-kuah
Empal Gentong, Makanan Berkuah Khas Cirebon

Ketika Anda mendengar nama Empal Gentong, hal yang pertama kali timbul dibenak Anda adalah Anda akan memakan empal atau daging – dagingan yang disajikan dalam sebuah gentong berukuran kecil ataupun besar.

Namun, empal gentong yang cukup unik ini disajikan seperti makanan pada umumnya kok. Empal gentong cenderung termasuk ke dalam kategori makanan berkuah santan karena hidangannya yang terdiri atas empal (daging sapi) dan kuah gulai.

Lalu, apa hubungannya dengan gentong ya? Penamaan “gentong” sendiri pada makanan khas Cirebon yang satu ini berasal dari proses memasak nya yang menggunakan gentong besar dan dibakar menggunakan kayu – kayu bakaran. Sangat menarik ya?

Empal gentong merupakan salah satu makanan yang wajib kamu coba jika kamu berkunjung ke Kota Cirebon. Dari berbagai tempat di Cirebon, mulai dari Stasiun Cirebon, Stasiun Prujakan hingga daerah Plered dekat Batik Trusmi, pasti kamu bakal menemui satu atau lebih rumah makan yang menjual makanan berkuah santan ini.

Dari banyaknya penjual empal gentong, Kost Rumah 9 akan mereview lebih dalam mengenai salah satu tempat jual empal gentong cirebon yang enak dan sangat populer yakni Empal Gentong Haji Apud.

Sekitar 400m dari Kost Rumah 9

jarak-rumah-9-empal-gentong
Jarak Kost Rumah 9 ke Empal Gentong Haji Apud

Berjarak sekitar 400m dari Kost Rumah 9, Empal Gentong Haji Apud Tuparev merupakan salah satu tempat favorit wisatawan ataupun masyarakat setempat khususnya yang datang dari Stasiun Kota. Di tempat ini, Anda bukan hanya dapat menemukan empal gentong, terdapat pula beragam makanan khas Cirebon lainnya yang tidak kalah populer seperti empal asem, nasi lengko, dan sate ayam kambing.

Dengan harga hanya Rp 28,000/seporsi, Anda sudah dapat mencicipi nikmatnya hidangan khas Cirebon berkuah santan ini plus nasi hangat lho. Rasa kuah dari empal gentong Haji Apud Tuparev terbilang cukup gurih. Kurang lebih untuk rasa kuahnya mirip – mirip dengan kuah empal gentong pada umumnya. Yang membedakannya adalah penggunaan daging sapi atau si empal yang ada di tempat makan ini memiliki potongan daging sapi yang murni dari daging (bukan jeroan), cukup berserat, empuk dan lembut. Kemurnian rasa dari daging sapi ini menambah kenikmatan pada kuah santan empal gentong Bapak Haji Apud ini.

Untuk harga makanan lainnya seperti nasi lengko, empal asem dan sate ayam kambing, Anda kurang lebih hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 15,000 hingga Rp 50,000 untuk satu porsi makanan. Cukup worth it bukan, dengan seporsi makanan khas Cirebon yang begitu enak dan lezat?

Tempat Makan Nyaman Bak Tempat Makan Sultan

meja-makan
Meja Makan di Empal Gentong Haji Apud Tuparev

Mengenai tempat, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan tempat duduk karena tempat ini memiliki lebih dari 15 buah meja yang disusun memanjang dan bangku untuk Anda singgahi. Ketika Anda hendak makan di tempat ini, Anda akan merasa seperti menyantap makanan di sebuah tempat milik sultan dikarenakan desain bangku – bangku nya yang dibuat tinggi dan lebar. Selain itu, pelayanan di tempat makan ini juga terbilang cukup ramah dan yang terpenting Anda tidak perlu menunggu waktu lama untuk menyantap satu porsi Empal Gentong khas Haji Apud ini. Cukup menunggu sekitar kurang dari 10 menit, makanan Anda akan tersaji di meja makan Anda lho.

Sangat menarik ya review mengenai spot kuliner makanan khas Cirebon yang unik, menarik, populer dan lezat seperti Empal Gentong Haji Apud ini?

Tunggu keseruan cerita review tempat wisata, spot kuliner, dan tempat – tempat lainnya yang ada di Cirebon versi Kost Rumah 9 ya. Sampai jumpa.

Informasi untuk reservasi kamar di Kost Rumah 9, silahkan hubungi melalui Whatsapp/Mobile Phone : 087 829 823 421 (Sinta)

Review Spot Kuliner di Cirebon : Empal Gentong Haji Apud

Share this story to your beloved!