Makanan khas Cirebon sangat mudah ditemukan hampir di setiap sudut di kota Cirebon. Selain karena harganya yang murah serta rasanya yang enak, makanan khas Cirebon biasanya memiliki resep yang telah diwariskan turun temurun dari nenek moyang terdahulu . Hal inilah yang membuat setiap makanan khas Cirebon memiliki cita rasa yang unik dan berbeda – beda dan pastinya sesuai dengan selera para penikmat kuliner. Bagi kamu yang sedang atau akan pergi ke Cirebon, khususnya untuk kamu yang hobi berburu wisata kuliner, berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas Cirebon yang paling terkenal dan perlu kamu coba saat berkunjung ke Cirebon.

 

1. Empal Gentong

 

Makanan Khas Cirebon Murah dan Enak

Sumber : viva.co.id

 

Rasanya kuliner yang satu ini telah menjadi ikon makanan khas Cirebon karena rasanya yang enak. Sajian  empal gentong dengan menggunakan kuali yang terbuat dari tanah liat, menjadi daya tarik tersendiri saat mencicipi masakan khas Cirebon yang satu ini. Aroma yang tercium pun begitu terasa harum dan khas karena proses pembakarannya yang menggunakan kayu bakar. Rasa gurih dan menyegarkan di mulut rasanya sudah tidak dapat dipungkiri lagi kala menikmati kuah kuning dari empal gentong ini saat masih dalam keadaan panas. Ditambah lagi, paduan istimewa dari daging sapi dan juga beberapa aneka pilihan jeroan seperti babat, usus, limpa dan paru, yang juga mampu menambah kelezatan cita rasa dari masakan khas Cirebon yang satu ini. Harga untuk seporsi empal gentong sangat bersahabat mulai dari Rp 17.000 hingga Rp. 22.000 tergantung dengan tempatnya.

 

Untuk menemukan rumah makan empal gentong yang murah dan enak di Cirebon tidaklah sulit, khususnya bagi kamu yang sedang menginap sementara atau beberapa hari kedepan di Kost Rumah 9 Tuparev Cirebon. Hanya sejauh 400 m dari Kost Rumah 9 kamu sudah dapat mengunjungi rumah makan empal gentong paling laris dan enak tentunya. Kamu hanya perlu keluar ke arah jalan raya Tuparev, kemudian di seberang jalan ada rumah makan Empal Gentong Haji Apud yang terpampang jelas di pinggir jalan raya. Untuk detail akses kamu hanya perlu buka google maps, kemudian tentukan posisi kamu berada dan pilih tujuan kamu untuk pergi yakni ke rumah makan empal gentong haji apud. Selanjutnya silahkan ikuti rute yang telah tersedia dan selamat untuk menikmati salah satu makanan khas Cirebon yang enak dan paling fenomenal.

 

2. Nasi Jamblang

 

Makanan Khas Cirebon Murah dan Enak

Sumber : iradiofm.com

 

Seperti halnya dengan empal gentong, rasanya nasi jamblang menjadi ikon makanan khas Cirebon dengan rasa yang enak dan harga yang murah. Tak lengkap rasanya jika berkunjung ke Cirebon namun belum mencicipi nasi liwet khas Kota Udang ini. Berbeda dengan nasi liwet asal Sunda yang dibungkus dengan menggunakan daun pisang, nasi jamblang justru memiliki ciri khas tersendiri yakni dibungkus dengan menggunakan daun jati. Aroma dan cita rasa yang terpancar dari nasi jamblang dengan bungkus daun jati ini, menjadi penambah kelezatan tersendiri bagi penikmat makanan khas Desa Jampang, Kabupaten Cirebon. Para penikmat kuliner biasanya saat menyantap makanan khas Cirebon ini, disandingkan dengan beberapa aneka pilihan lauk yang dapat dipilih sesuai dengan selera seperti ikan asin, sate kentang, sayur tahu, tempe, perkedel, aneka pepes, ayam goreng serta lauk yang paling khas seperti paru goreng dan tumis cumi hitam yang bakal bikin ketagihan pastinya. Harga untuk seporsi Nasi Jamblang dengan aneka pilihan lauk, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 10.000 – Rp. 22 000 tergantung dengan aneka lauk yang kamu pilih.

 

Untuk akses ke tempat nasi jamblang yang enak dan murah, kamu hanya perlu mengendarai kendaraan pribadi kamu dari Kost Rumah 9 ke tempat nasi jamblang bu Nur sejauh 800 meter yang berada di Jalan Cangkring No. 34, Kejaksan, Cirebon. Nasi Jamblang Ibu Nur ini buka setiap hari dari mulai pukul 7 pagi hingga jam 9 malam. Untuk kamu yang malas berjalan jauh menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum ke tempat Ibu Nur ini, kamu tidak perlu khawatir karena Nasi Jamblang Ibu Nur ini dapat kamu pesan melalui menu Go-food pada aplikasi Go-Jek kalian. Warung nasi jamblang Ibu Nur ini bias dibilang laku dipasaran karena makanan khas Cirebon yang satu ini memiliki cita rasa yang lezat dan wajib dicoba bagi setiap pemburu wisata kuliner.

 

3. Nasi Lengko

 

Makanan Khas Cirebon Murah dan Enak

Sumber : resepdanmasakan.com

 

Selain empal entong dan nasi jamblang, makanan khas Cirebon lainnya yang wajib kalian coba ketika berkunjung ke Cirebon adalah Nasi Lengko. Bagi kalian yang pernah menikmati nasi pecel, pasti kalian tidak akan asing dengan cita rasa dari nasi lengko sebagai nasi pecel khas daerah Cirebon. Sama seperti nasi pecel, nasi lengko dihidangkan dengan berbagai jenis sayuran seperti tauge, potongan ketimun, tahu dan tempe. Nantinya nasi dengan berbagai jenis sayuran ini akan disirami dengan kuah yang terbuat dari bumbu kacang ditambah dengan kecap hitam sebagai pemanisnya. Untuk kamu yang ingin membuat cita rasa nasi lengko ini semakin gurih, dapat menambahkan taburan bawang goreng dan irisan daun kucai diatasnya.

 

Untuk kamu yang sedang atau akan menetap di Kost Rumah 9 dan ingin menikmati cita rasa makanan khas Cirebon yang satu ini tidak perlu khawatir, karena setiap sabtu dan minggu pagi di depan Jalan Saputra IV terdapat sebuah gerobak kecil yang menyajikan nasi lengko dengan harga yang terjangkau dan  rasa yang enak tentunya. Untuk kamu yang ingin mencicipi nasi lengko pada hari kerja, bisa datang ke Jalan Cipto Mangunkusumo, Kesambi, Cirebon sekitar 530 meter dari Kost Rumah 9. Disana terdapat nasi lengko buatan Haji Barno yang terbilang cukup laku di menu Go-Food aplikasi Go-Jek dan pastinya dijual dengan harga hanya Rp. 12.000/porsinya.

 

4. Mi Koclok

 

Makanan Khas Cirebon Murah dan Enak

Sumber : kaaget.com

 

Para penikmat kuliner yang suka berburu makanan berupa mi, wajib mencoba mi khas Cirebon yang satu ini. Mi koclok merupakan makanan khas Cirebon yang dihidangkan dengan suwiran daging ayam, tauge, irisan telur rebus dan ditambah dengan daun bawang yang pastinya dapat menggugah selera makan Anda. Bagi kamu yang tidak suka makanan kuah berkental, pasti akan pikir – pikir terlebih dahulu untuk menyantap makanan yang satu ini karena memang mi koclok khas Cirebon ini disajikan dengan kuah yang berwarna putih dan kental. Namun jangan salah, ketika Anda berani untuk mencicipi cita rasa dari mi koclok ini, pasti Anda bakal ketagihan dan ingin mencoba menyantapnya lagi ketika hendak berkunjung kembali ke Cirebon karena memang rasanya yang sedap dan pastinya menggoda selera makan Anda.

 

Mi khas Cirebon yang satu ini memang cukup sulit untuk ditemukan pada pagi atau siang hari karena kebanyakan pedagang mi koclok mulai berjualan ketika sore atau malam hari. Bagi kamu yang akan menetap sementara atau untuk beberapa waktu ke depan di Kost Rumah 9, nampaknya perlu berusaha lebih ekstra untuk mendapatkan makanan khas Cirebon yang satu ini. Lantaran kamu harus menempuh perjalanan sekitar 3 km untuk dapat menikmati mi koclok paling terkenal dan sudah benar – benar teruji kelezatannya. Tidak hanya itu, kamu nampaknya sesudah sampai disana perlu ekstra bersabar karena antrian yang begitu banyak hanya untuk menikmati seporsi mi koclok yang terkenal dan enak ini. Mi koclok Abang Gaul terletak di Jalan Pekalipan No. 74 – 88, Cirebon. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 16 ribu rupiah untuk menikmati seporsi mi koclok sebagai salah satu ikon makanan enak khas Cirebon.

 

5. Sate Kalong

 

Makanan Khas Cirebon Murah dan Enak

Sumber : resepsedapku.com

 

Mendengar namanya, Anda pasti akan membayangkan bahwa makanan ini berupa daging kalong atau kelelawar yang dipotong dan ditusuk – tusuk menjadi sate. Namun nyatanya tidaklah seperti yang Anda duga, karena sate kalong ini sama seperti sate pada umumnya hanya saja sate ini menggunakan daging kerbau sebagai bahan utamanya. Dinamakan sate kalong karena sate ini pada umumnya dijajakan oleh para pedagang pada waktu malam hari.  Makanan khas Cirebon yang satu ini terkenal akan cita rasanya berbeda dengan kebanyakan sate yang lainnya karena sate kalong dengan daging kerbau ini memiliki cita rasa yang manis. Untuk kamu yang suka makanan pedas jangan khawatir, karena sate kalong tetap dapat dinikmati dengan mencocol sambal merah yang menggoda ketika menyantap makanan khas Cirebon yang satu ini.

 

Jika Anda sudah tergiur untuk cepat – cepat menikmati sate kalong khas Cirebon yang satu  ini tidak usah khawatir, karena kamu dapat langsung menikmati sate kalong ini pada malam hari di Jalan Kesambi Dalam, Kesambi, Drajat, Cirebon sekitar 3,7 km dari kamu yang berlokasi di Kost Rumah 9. Sate Kalong Jalan Kesambi ini cukup terkenal karena pedagang sate kalong ini sudah berjualan sejak tahun 1990-an. Untuk satu porsi sate kalong hanya di patok dengan harga  9 ribu rupiah per 10 tusuknya. Tentunya harga yang ditawarkan sangat ramah dikantong bagi kalangan pelajar ataupun pegawai kantoran.

 

Demikian mengenai informasi Makanan Khas Cirebon yang terkenal, enak dan memiliki harga yang murah versi Kost Rumah 9 . Untuk info booking Kost Rumah 9, dapat menghubungi  WhatsApp : +62 899 7531 900 (Aldi)